Blog, Here I Come


Saya adalah penikmat blog, khususnya blog-blog bertema parenting dan home education. Sudah sejak lama sebenarnya saya ingin sekali memiliki blog sendiri untuk sekedar mem-follow blog-blog keren yang sering saya intip, me-review buku, juga untuk merekam perjalanan home education di rumah kami. Keinginan ini terkubur bertahun-tahun karena terkadang saya merasa apa yang akan saya tulis mungkin tidak menarik bagi orang lain dan saya merasa tidak memiliki kapasitas untuk berbagi. Saya pun kemudian lebih memilih menyimpan catatan atau tulisan saya hanya dalam memory laptop saja hingga akhirnya saya mengenal langsung dengan beberapa blogger yang menurut saya sangat menginspirasi. Dalam hati saya bersyukur mereka mau menyempatkan diri untuk menulis dan mem-publish tulisannya dalam blog sehingga saya dan pembaca lainnya bisa mendapatkan manfaatnya. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain? Berawal dari pemikiran itu, keinginan saya untuk memiliki blog pun kembali muncul. Saya ingin berbagi sedikit demi sedikit pengalaman kami, yang semoga bisa bermanfaat juga bagi orang lain. Atau minimal kelak anak-anak saya bisa menapaktilasi perjalanan hidup mereka sedari kecil dari sudut pandang ibunya sendiri.


Mulailah saya bertanya kepada teman-teman, siapa tahu ada yang bisa mengajarkan saya membuat blog yang baik. Karena sebenarnya duluuu saya pernah memiliki blog (lebih tepatnya mungkin diary online, hehe), tetapi ketika platform blog saya beralih fungsi menjadi marketplace, blog saya pun turut raib bersamanya tanpa saya sempat menyimpan content-nya saking gapteknya saya. Kejadian itu sedikit membuat saya segan untuk mencoba membuat blog lagi karena merasa harus memulai dari nol dan kuatir kejadian yang sama akan terulang. Saya juga merasa kala itu jangkauan blog saya hanya sangat terbatas hingga saya kurang termotivasi untuk terus menulis. Saya ingin jika saya akan mulai menulis blog lagi, maka saya harus melakukannya dengan lebih serius. Oleh karenanya saya pikir coba-coba sendiri saja tidak cukup, saya harus belajar dengan orang yang memang berpengalaman. 
Sekitar sepekan sejak saya mulai berpikir ingin serius membuat blog, tiba-tiba saja saya melihat flyer ini muncul di feeds FB saya. 


Respon saya kala itu kurang lebih "Seriously? Pucuk dicinta ulam pun tiba!". Segera saya tutup FB, lalu saya menimbang-nimbang dan bertanya pada diri sendiri apakah saya benar-benar serius ingin membuat blog atau saya hanya penasaran saja. Saya sempatkan mengobrol tentang keinginan belajar blog ini ke teman dan adik-adik saya, sekedar menguji diri apakah saya akan maju atau mundur. Ternyata setelah mendapat respon yang tidak terlalu positif justru keinginan belajar saya makin kuat. Akhirnya mendaftarlah saya untuk mengikuti training tersebut.

Menyesal? Alhamdulillah sejauh ini saya bersyukur karena materinya sangat komplit dan tutor pengajar yang sudah berpengalaman dalam dunia blogging ternyata mau direpotkan dengan pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan peserta training. Sejujurnya, seringkali dalam training online saya lebih memilih menjadi silent reader. Tapi dalam training kali ini saya merasa lebih bebas bertanya. Mungkin karena tutor berhasil menciptakan suasana nyaman sehingga saya tidak merasa malu untuk bertanya pertanyaan yang remeh temeh sekalipun.

Tadinya saya pikir materi training-nya hanya hal-hal standar yang basic. Ternyata eh ternyata kami juga diajarkan mengedit tampilan blog dengan coding. Waa..ilmu baru ini 💗💗. Saking serunya belajar, sempat bimbingan juga sampai tengah malam. Mbak Rahayu Asda sebagai tutor benar-benar totalitas menyemangati kami murid-muridnya. Ada juga sesi sharing bersama alumni Training Blogging for Beginner batch sebelumnya yang sangat menginspirasi. Walaupun tugas-tugas training lumayan membuat saya kurang tidur sepekan ini, tapi rasanya puas akhirnya bisa menyelesaikannya. Semoga saya bisa menyerap dengan baik ilmu yang diberikan para tutor dan bisa tertular semangatnya untuk konsisten menulis ^_^

You Might Also Like

2 comments

  1. Iyess
    Semamgat ngeblog ya mbak
    Ntr kita gabung di grun
    Pas
    Blogger
    Disna kita bs sherinh seputar dunia
    Blogging dengan para mastah

    ReplyDelete
  2. keren tulisan reviewnya mba, semangat terus untuk kita supaya semakin konsisten menulis blog hehe :). Salam kenal mba.

    ReplyDelete